Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Workshop Pengisian Dokumen Administrasi Dalam Rangka Menunjang Jabatan Akademik Dosen

71 Views

Sinergimas. Puncak karir seorang dosen itu adalah ketika dia sukses menggapai jabatan akademik tertinggi sebagai guru besar atau professor. Hal diungkapkan oleh Rektor Institut Teknologi PLN (IT PLN), Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa, M.K., M.T. saat membuka Workshop Pengisian Dokumen Administrasi dalam rangka Menunjang Jabatan Akademik Dosen di kampus IT PLN, Kamis, (18/08/2022). Lebih lanjut, Iwa mengatakan bahwa untuk mencapai puncak karir tersebut, seorang dosen harus sudah mendapatkan gelar doktor atau S3. Oleh karena itu, Iwa sangat mendorong para dosen di IT PLN untuk segera melanjutkan studinya ke level S3 dan yang sudah bergelar doktor diharapkan dapat meningkatkan jabatan akademiknya ke level tertinggi sebagai profesor. Peningkatan kualitas, kapasitas dan jabatan akademik dosen tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas perguruan tinggi itu sendiri.

Hadir dalam kegiatan workshop tersebut adalah wakil dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III), Taufan dan Fiqih yang menjelaskan tentang Regulasi dan Pengajuan Jabatan Akademik Dosen. Sementara itu, penjelasan tentang integrasi data dosen dan pengisian beban kerja dosen (BKD) melalui Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) disampaikan oleh Lukman, ST. M.Kom. dan Erlina, ST., M.T. dari IT PLN. Prosedur pengisian data ke dalam SISTER secara teknis dipaparkan oleh Erlina sedemikian rupa sehingga para dosen diharapkan dapat memasukkan data dan memperbarui datanya setiap saat secara mandiri. Hal ini dimaksudkan agar proses pengajuan dan penilaian kinerja dosen dapat berjalan dengan lancar melalui sistem terintegrasi tersebut.

Selain SISTER, ada aplikasi SIJALI3 yang digunakan untuk proses pengajuan kenaikan jabatan akademik dosen. Proses pengisian data ke dalam aplikasi SIJALI3 disampaikan oleh Warek IV, Dr. Ir. Pawenary, MPM, IPU, Yessy Fitryani, MMSi. dan Bedi, M.Kom. Secara garis besar dijelaskan bahwa untuk mengajukan kenaikan pangkat akademik, setiap dosen diminta untuk melakukan proses penyempurnaan data secara mandiri dan terintegrasi dengan samua platform yang telah disediakan LLDIKTI. Beberapa di antaranya adalah Pangkalan Data DIKTI, SINTA, SISTER, SIJAMPANG, SIJALI3, Google scholar dan lain-lain. Menurutnya, dosen harus sabar untuk melengkapi dan memperbarui datanya di dalam sistem sehingga proses kenaikan jabatan fungsionalnya bisa berjalan dengan lancar. Untuk mencapai itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tancapkan niat dari diri sendiri untuk memulainya. Lalu siapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan mulailah untuk melakukan proses input data dengan sabar sampai proses selesai. (Red/MJE).

You May Also Like

Pendidikan Harus Memerdekakan Manusia

Sinergimas - Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa pendidikan itu harus memerdekakan manusia. Ha

PT Sentra Teknologi Terapan Kembali Gelas Uji Kompetensi Bidang Pembangkitan

Sinergimas - Untuk kesekian kalinya PT. Sentra Teknologi Terapan (PT.STT) Anak Perusahaan YPK PLN menga

Institut Teknologi PLN dalam World Class University

Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT-PLN) telah berd

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: