Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Webinar ”Implementasi Artificial Intelligence, BIG DATA dan Perangkat Cerdas dalam Penelitian dimasa Pandemi 2021"

566 Views

Skripsi merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Lulus bagi Mahasiswa semua program studi. Skripsi merupakan karya ilmiah hasil penelitian maupun kajian ilmiah yang dilakukan mahasiswa sebagai salah satu persyaratan penyelesaian studi. Penyusunan Skripsi dilakukan secara mandiri oleh Mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing Skripsi dengan pedoman penyusuan Skripsi. Pada masa pandemic covid 19 Institut Teknologi PLN tetap melakukan pembelajaran dan bimbingan skripsi dengan cara online, salah satunya adalah dengan diadakannya Workshop Webinar. Untuk mensosialisasikan Program tersebut AIoTech menyelenggarakan Workshop Webinar ”Implemantasi AI, BIG DATA, dan Perangkat Cerdas dalam Penelitian dimasa Pandemi” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 pukul 09.00 sampa selesai, dengan Pembiacara Indrianto, S.Kom., MT., Pritasari Palupiningsih, S.kom., M.Kom, dan Riki Ruli Affandi S, S.Kom., M.Kom., MT.

Dalam setiap pemaparan pembicara menyampaikan dalam menentukan skripsi yang akan diangkat haruslah  dengan hal- hal yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pembicara Indrianto, S.Kom., MT., di dalam materi yang disampaikan beliau memberikan tips yaitu Bulatkan Niat dan Tekad, Pilih Topik yang Mudah Untuk dikerjakan, Gunakan Metode Penelitian yang dikuasai, dan Rajin Konsultasi dengan Dosen secara online dimasa sekarang ini. Beliau juga memyampaikan hal-hal yang lagi berkembang pada saat ini dengan menggunakan mesin cerdas atau perangkat cerdas sehingga membuka wawasan terhadap peserta webinar dalam menghadapi penelitian dimasa pandemic.

Pembicara kedua Pritasari Palupiningsih, S.kom., M.Kom, beliau merupakan Dosen Fakultas Telematika Energi mempaparkan tentang apa itu Big data, bagaimana cara mengolah data di machine learning dan juga bagaimana cara implementasi data dalam kehidupan sehari-hari yang mana Big Data saat ini menjadi topik yang sangat sering diperbincangkan, mengingat perubahan zaman yang sudah menjadi era informasi, maka akan banyak sekali data yang harus diolah, namun dalam mengolah data tersebut butuh teknologi yang namanya Machine Learning.

Pembicara Riki Ruli Affandi S, S.Kom., M.Kom., MT juga menyampaikan bahwa Di era digital dan Internet of Things (IoT) seperti sekarang, di mana semua data dapat terdigitalisasi dan ter-capture dari manapun -bahkan secara real time- tentunya menjadikan AI berkembang sangat pesat diseluruh dunia. Adanya AI semakin berkembang pesat disaat perkembangan teknologi menjadikan computing power ini semakin terjangkau. Didalam materi yang dipaparkan beliau juga memberikan arahan serta topik-topik yang bisa diangkat pada penelitian sehingga membuka wawasan dalam menjalankan penelitian.

Selesai pemaparan materi yang disampaikan oleh pembicara , moderator membuka season tanya jawab atau termin tanya jawab. Pada termin tanya jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Pertanyaan tersebut tidak lain adalah permasalahan yang sering dijumpai oleh mahasiswa baik dari segi topik yang akan diangkat hingga teknis skripsi diera pandemi ini . Kegiatan ini diikuti oleh hampir 90 peserta, dan ketua AIoTech Abdul Haris Manjawakang, S.Kom., M.Kom dan panitia dari studi S1 Informatika. Ketua Aiotech juga memaparkan tujuan diselenggarakannya kegiatan workshop adalah agar memiliki wawasan dan gambaran yang terkait dengan spesifik dalam perkembangan teknologi terutama dalam Artifical Intelligence, Big Data dan Perangkat Cerdas agar setiap mahasiswa mampu untuk memprediksi apa yang harus mereka lakukan dalam menyelesaikan jenjang kuliah S1 mereka. 

Penulis : Mella Imellda Savitri (S1 Teknik Informatika)

You May Also Like

Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus

Sinergimas - Salah satu kegiatan dalam tridarma perguruan tinggi, adalah hasil penelitian dan PkM

Webinar Electrical Knowledge Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik

Sinergimas - Masyarakat awam tentu tidak memahami apa itu harmonisa atau harmonik. Istilah ini lazimnya

Webinar AIoTech: Teknologi Kecerdasan Buatan dan Internet of Things untuk Pertanian 4.0

Sinergimas - Kehadiran AIoTech StarUp membawa dampak positif bagi pengembangan Kecerdasan

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: