Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Webinar Electrical Knowledge Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik

604 Views

Sinergimas - Masyarakat awam tentu tidak memahami apa itu harmonisa atau harmonik. Istilah ini lazimnya dikenal dalam bidang kelistrikan dan menjadi perbincangan menarik ketika para pakar listrik membahas dampaknya terhadap peralatan listrik. Hal menarik ini menjadi tema utama dalam suatu acara webinar ‘electrical knowledge’ yang digelar pada Kamis (25/02/21) lalu. Acara webinar yang disponsori oleh P.T. Mun Hean Indonesia dan Yayasan Konstruksi Nusantara  (YAKONUS) ini menghadirkan sejumlah pembicara yang ahli di bidang kelistrikan. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa, M.K., M.T. yang membahas tentang ‘Dampak dan Mitigasi Harmonisa Terhadap Peralatan Ketenagalistrikan’, Eko Priyono, S.T. M.T. yang membahas tentang Pengaruh THD terhadap Operasional Tenaga Listrik’ dan Samsuddin Nurudin Safari yang membahas tentang ‘Solusi Harmonisa Daya Listrik Dengan Active Filter’. Webinar yang dimoderatori oleh Dr. Endah Kurniyaningrum, S.T., M.T. yang berprofesi sebagai dosen dan praktisi muda ini mendapat respon yang cukup luas dari peserta di seluruh Indonesia.  Lebih kurang 200 peserta mengikuti acara ini  secara daring dan berlangsung secara interaktif dengan pembicara.

 

Prof. Iwa Garniwa yang juga menjabat Rektor Institut Teknologi PLN ini, dalam presentasinya menjelaskan secara detail apa itu harmonik, line curret, darimana harmonik berasal, total harmonik distorsi, masalah yang dihasilkan harmonik, teknik mitigasi harmonik dan pengukuran harmonik. Paparan guru besar Universitas Indonesia ini mendapat respon yang cukup baik dari peserta dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.  Sementara itu, Eko Priyono yang berprofesi sebagai dosen di ITBU memaparkan lebih jauh tentang harmonisa. Tujuan yang ingin dicapai dalam paparannya itu adalah mengerti tentang pengaruh Total Harmonic Distortion pada peralatan tenaga listrik dan mampu menganalisa kemungkinan terjadinya bahaya di tempat kerja.  Sedangkan pembicara ketiga Samsuddin Nuruddin Safari memfokuskan paparannya pada solusi harmonisa daya listrik. Dalam hal ini dirinya mengenalkan IGBT Power Solution Active Harmoni Filter. Salah satu yang dijelaskan adalah IGBT Current Generator termasuk cara kerja peralatan listrik tersebut. Selain itu, dijelaskan juga tentang Active Filter Capaity yang mencakup AHF Size Determination, implementing AHF, SVG dan AVC serta AHF type.

 

YAKONUS yang menjadi penyelenggara acara ini merupakan suatu yayasan yang keberadaannya bertujuan membangun, mengembangkan dan mempersiapkan SDM atau para Pekerja Jasa Konstruksi yang berlisensi atau bersertifikat; memfasilitasi Badan Usaha dan Rantai Pasok, serta berbagai Pelaku Aktivitas terkait Jasa Konstruksi yang kompeten, profesionalitas dan berdaya saing; dengan menyediakan fasilitas Pusat Pendidikan, Pelatihan, Kursus, Penelitian dan Pengembangan, serta fasilitas penunjang lainnya demi tercapainya upaya peningkatan dan penguatan kualitas serta kuantitas SDM dan produk jasa konstruksi dalam rangka mewujudkan Ketahanan Konstruksi Indonesia. Webinar yang digelar secara gratis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta baik yang berasal dari kalangan akademik, praktisi, perusahaan maupun pemerintahan sehingga kinerja peralatan listrik menjadi lebih optimal lagi hasilnya. (red).

You May Also Like

6 Langkah Mudah Melawan Covid-19

Sinergimas ­– Penyebaran virus Corona jenis baru Covid-19 berkembangan pesat diberbagai Negara. Pada tanggal 11 Maret 20

Pandemi Covid-19, Kebijakan dan Penanggulanganya Di Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia

Webinar Electrical Knowledge Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik

Sinergimas - Masyarakat awam tentu tidak memahami apa itu harmonisa atau harmonik. Istilah ini lazimnya

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: