Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Webinar AIoTech: Teknologi Kecerdasan Buatan dan Internet of Things untuk Pertanian 4.0

598 Views

Sinergimas - Kehadiran AIoTech StarUp membawa dampak positif bagi pengembangan Kecerdasan Artifisial dan Internet of Things di lingkungan Institut Teknologi PLN. Kedua teknologi ini diklaim merupakan teknologi yang prospektif di masa depan. Secara bertahap AIoTech telah melaksanakan beberapa kegiatan yang positif dan untuk kesekian kalinya perusahaan rintisan ini telah melaksanakan webinar yang mengambil tema Artificial Intelligence and Internet of Things Technolgy for Aricukture 4.0 akhir Februari lalu.

“Tema ini dipilih karena bidang agrikultur merupakan salah satu bidang yang sangat potensial di Indonesia. Ini mengingat Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian yang luas dan merupakan aset bangsa”, Ungkap Haris panggilan akrap Abdul Haris Manjawakang selaku salah satu pemateri yang peneliti di bidang Irigasi Cerdas dalam webinar tersebut.

Dalam paparannya, Haris menyampaikan bahwa betapa pentingnya Pembangkit Listrik tenaga surya untuk kebutuhan sistem irigasi pada lahan tada hujan dengan memanfaatkan algoritma - algoritma komputasi cerdas dan teknologi Internet of Things untuk meningkatkan produktivitas lahan.

Jajam Khairul Jaman, pemateri lain yang merupakan kandidat Doktor Ilmu Komputer IPB dan Peneliti di bidang Blockchain ini menyampaikan bahwa salah satu teknologi lain yang potensial untuk mendukung pertanian 4.0 adalah Blockchain. “Blockchain merupakan salah satu teknologi yang paling potensial untuk mendukung sistem pertanian masa depan untuk proses pascapanen. “Teknologi ini mampu untuk memonitoring proses produksi sampai pada konsumsi hasil panen” ungkap Jajam dengan optimis. Teknologi ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah – masalah lambat distibusi hasil produksi sampai pada pengelolaan bisnis yang parsial antara pelaku bisnis dan pemerintah.

Sementara itu, Yan Mitha Djaksana mengatakan bahwa  pentingnya sistem pertanian yang dibangun bukan hanya pada distribusi hasil produksi dan sistem irigasinya saja namun juga pada pengelolaan atau manajemen air yang sudah tersedia dengan baik.  Yan yang juga peneliti di bidang Water Managemen IPB lebih lanjutkan mengungkapkan bahwa manajemen air juga penting dilakukan untuk sistem pertanian khususnya pada daerah urban seperti Jakarta.  “Jika ingin membangun pertanian perkotaan dengan sumber daya air yang terbatas tentu membutuhkan manajemen air yang baik, kondisi ini dapat memanfaatkan algoritma komputasi cerdas dan Internet of Things”,  tambahnya penuh semangat (Red).

 

You May Also Like

Seminar Online: Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Terindex Scopus

Sinergimas - Salah satu kegiatan dalam tridarma perguruan tinggi, adalah hasil penelitian dan PkM

Webinar Electrical Knowledge Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik

Sinergimas - Masyarakat awam tentu tidak memahami apa itu harmonisa atau harmonik. Istilah ini lazimnya

Webinar AIoTech: Teknologi Kecerdasan Buatan dan Internet of Things untuk Pertanian 4.0

Sinergimas - Kehadiran AIoTech StarUp membawa dampak positif bagi pengembangan Kecerdasan

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: