Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Tantangan Sarjana Lulusan IT-PLN

591 Views

Sinergimas - Wisuda ibarat lembaran perjalanan kehidupan yang telah diukir dengan cinta dan perjuangan. Hal ini makin mengukuhkan keilmuan seorang lulusan perguruan tinggi untuk siap terjun ke masyarakat. Setelah wisuda peran dan kiprah individu akan semakin bertambah. Seiring itu, bertambah pula beban moral atas gelar yang disematkan di pundaknya. Tanggung jawab sebagai mahasiswa barangkali memang telah usai, tetapi tanggung jawab atas ilmu dan gelar yang dimiliki akan terus ada selama hidup. Kita memiliki potensi dalam memahami perubahan dan perkembangan dalam dunia pendidikan dan lingkungan masyarakat. Memberikan kontribusi terbaik ke masyarakat, sekecil apapun itu akan sangat berarti karena ada harapan mereka kepada kita. Namun demikian, harapan hanya tinggal harapan apabila tidak ada realisasinya.

Mulailah dari sekarang. Perjalanan selama perkuliahan akan seperti tak tahu arah dan tujuan apabila dalam prosesnya tidak ada yang memandu dan memberi arah. Para dosen dan tenaga pendidiklah yang telah mencurahkan segala ilmu dan pengalamannya, membimbing tanpa lelah dan terjaga keikhlasannya. Ingatlah hari-hari di saat mungkin hasilnya tidak sesuai dengan pikiran, tangis dan peluh selama mengejar angan-angan.

Tak jarang pula terbersit dalam pikiran apakah diri ini sudahi saja semua harapan? Jangan, jangan berhenti di sini. Akhir masa perkuliahan
memang masa-masa yang terberat bagi mahasiswa terlebih keadaan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita dituntut untuk berproses, terseok-seok, meskipun tugas akhir dikerjakan secara daring. Kita pantang menyerah. Perjuangan dan dan pengorbanan yang telah dilakukan akhirnya membuahkan hasil juga. Yakinlah para lulusan adalah orang-orang yang hebat karena telah melewati banyak rintangan dengan kerja keras. Lulusan saat ini adalah lulusan yang istimewa, karena banyak tantangan dan rintangan yang harus dilewati dengan kerja keras.


Kita dilatih untuk tetap berproses, meskipun kondisi sedang sulit mengingat saat ini dunia sedang dilanda wabah virus korona covid-19 termasuk Indonesia. Lulus sarjana bukanlah akhir dari perjuangan melainkan awal untuk meraih mimpi besar terlebih di tengah kondisi pandemik saat ini yang membuat perjuangan para sarjana baru ini ke depan terasa semakin berat. Apapun profesi yang akan digeluti nanti, berikanlah kontribusi maksimalnya, selalu optimis dan rendah hati kepada orang-orang di sekitarnya. Do’a restu tetap kita harapkan dari semua pihak agar segala upaya yang dilakukan di hari-hari berikutnya akan diberi kelancaran, bisa melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi, dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari untuk kemaslahatan masyarakat luas dan memperoleh predikat sebagai manusia yang berguna bagi keluarga, agama, bangsa dan negara Indonesia. (Red- Nurul Ramadhanti Hikmiyah 11/02/2021)

You May Also Like

Tantangan Pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh Ditengah Wabah Covid-19

Sinergimas - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indon

Pandemi Covid-19, Kebijakan Dan Penanggulangannya Di Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia semak

Tantangan Sarjana Lulusan IT-PLN

Sinergimas - Wisuda ibarat lembaran perjalanan kehidupan yang telah diukir dengan cinta dan perjuangan.

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: