Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Riset Dan Inovasi Di Bidang Energi Terus Dikembangkan

78 Views

Sinergimas. “Energi merupakan salah satu sektor yang penting dalam kehidupan manusia mengingat semua kehidupan manusia tergantung dari energi,” kata Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN Dr Haznan Abimanyu dalam webinar “Riset dan Inovasi di Bidang Energi dan Manufaktur Untuk Mendukung Kemandirian Bangsa” yang diikuti secara daring di Jakarta, Agustus lalu.

Menurut dia riset dan inovasi di bidang EBT ini akan dapat mendukung upaya transisi energi dari energi fosil ke energi baru dan terbarukan. “Hal ini juga diharapkan akan dapat mendukung kemandirian energi dan mengantisipasi kelangkaan energi terutama energi fosil. Terkait hal tersebut pengembangan EBT menjadi salah satu fokus kami di Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pada saat ini pihaknya juga terus mengembangkan riset dan inovasi di bidang manufaktur dalam rangka mendukung kemandirian bangsa pada sektor tersebut. “Selain bidang energi, manufaktur juga merupakan salah satu sektor penting yang pada saat ini menjadi salah satu isu yang sangat strategis untuk dibahas mengingat sektor manufaktur merupakan salah satu sektor andalan di dalam negeri,” katanya.

Melalui hasil riset dan inovasi maka diharapkan akan dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan sektor manufaktur agar makin kompetitif dan berdaya saing. Untuk itu pihaknya terus mengoptimalkan program riset dan inovasi mulai dari hulu hingga ke hilir guna menghasilkan produk kompetitif yang bisa mengisi pasar di dalam negeri.

“Sektor manufaktur menjadi salah satu kunci penting dalam perkembangan industri Indonesia di masa yang akan datang sehingga riset dan inovasi di bidang ini perlu terus diperkuat dan dioptimalkan,” demikian Haznan Abimanyu. (Red/Antaranews).

You May Also Like

Inovasi Indonesia dan Artificial Intelligence Summit 2020

Sinergimas - Bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2020 lalu, Presiden RI Joko Widodo meresmikan

Tren Teknologi 2021, Dari Hybrid Cloud, Kecerdasan Artifisial, Hingga Keamanan Siber

Sinergimas - Perusahaan teknologi International Business Machines (IBM) memprediksi layanan hybrid clou

Sentra Teknologi Terapan Serahkan Sertifikat Kompetensi

Sinergimas - Tak kurang dari 19 orang peserta bidang Pembangkit dan 10 orang peserta bidang D

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: