Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

PT USAHA JAYA PRIMA KARYA Mengembangkan Sistem Digital Untuk Mendukung Proses Bisnis Perusahaan

86 Views

Sinergimas. Sistem informasi manajemen atau yang dalam bahasa inggris disebut management information system merupakan sistem perencanaan pengendalian sistem internal dalam bisnis yang meliputi pemanfaatan sumber daya manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen. Tujuannya adalah untuk memecahkan masalah di dunia bisnis seperti biaya produk, layanan, dan strategi bisnis. Dengan semakin berkembangnya Teknologi Informasi, PT Usaha Jaya Prima Karya sejak tahun 2021 telah mengembangkan Sistem Digital untuk mendukung Proses Bisnis Perusahaan dan pada tahun 2022 ini sudah mulai implementasi.

Sistem Digital yang dikembangkan oleh PT Usaha Jaya Prima Karya dinamakan Project Management Office (PMO). Sistem Digital yang dibangun diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada Client. Sistem ini merupakan alat yang sangat berguna untuk menunjang dan mengendalikan operasi perusahaan. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengumpulkan dan mengatur semua data dari berbagai tingkat perusahaan, meringkas, kemudian memfasilitasi dan meningkatkan kualitas dari pengambilan keputusan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas sebuah perusahaan.

Sistem ini berbasis komputer dan dapat berupa lembar excel atau platform yang lebih kompleks. Selain itu data dapat diakses dan diolah secara internal maupun eksternal. Sehingga, sistem informasi yang digunakan lebih efisien dan produktif. Menu dalam Aplikasi ini antara lain Menu Data Tenaga Kerja, dimana semua data dan berkas softfile dari semua tenaga kerja tersimpan, juga termasuk report yang berkaitan dengan data tenaga kerja.

Menu Data Project dimana semua data berkaitan dengan Project tersimpan dengan detail, yang dalam Menu Generate Invoice report berita acara setiap Project untuk berkas penagihan ke pihak pemberi kerja dapat diterbitkan. Menu Pembayaran dan Notifikasi, dengan menggunakan menu ini manajemen dapat melihat progress pembayaran dari mulai jatuh tempo sampai dengan progress pembayaran telah selesai sehingga dapat terlihat pencapaian pendapatan secara realtime.

Menu Notifikasi dapat melihat seluruh jadwal dari masa berlaku perijinan perusahaan sampai dengan seluruh masa berlaku kontrak maupun perjanjian perusahaan dengan pihak luar. Menu Report dan Dashboard, reporting merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen sehingga dapat mempercepat manajemen dalam mengambil keputusan. Sistem Report yang dibangun dapat disesuaikan dengan kebutuhan manejemen. Dashboad terdapat informasi data perizinan yang akan berakhir, sehingga dokumen perusahaan tidak terlewat dalam pengurusan dan atau perpanjangannya. Dalam Dashboard juga terlihat jumlah Invoice yang sudah dikirimkan dan jumlah invoice yang sudah terbayar, dan juga Project perusahaan baik tahun berjalan maupun Project yang sudah didapat pada tahun berikutnya. Sehinga Board Of Directors (BOD) dapat memonitor realtime dengan adanya aplikasi PMO ini.

Menu Master Data User atau Vendor, merupakan menu yang menyimpan seluruh data primer dari perusahaan, sehingga manajemen dapat melihat secara cepat dan akurat. Dengan menggunakan PMO, maka dapat meningkatkan kinerja dari bisnis yang dijalankan. Dapat disimpulkan dengan menggunakan PMO maka beberapa manfaat yang dapat diambil adalah pertama, Manajer dapat membandingkan hasil kinerja yang telah direncanakan serta dapat menganalisis kelemahan dan kekuatan dalam kinerja dan rencana bisnis. Kedua, Seorang manajer juga dapat memiliki kemampuan untuk menerima umpan balik dari kinerja dari bisnis yang dijalankan.

Ketiga, Manajemen mendapatkan gambaran umum dari setiap operasi yang dilaksanakan. Keempat, Banyak keputusan yang dialihtugaskan dari manajemen atas menuju ke level organisasi yang lebih efisien, dengan memperhatikan faktor pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Kelima, Organisasi dapat memaksimalkan manfaat dari investasi dengan cara melihat dan mengidentifikasi apakah sistem dan informasi berfungsi dengan semestinya atau tidak. Keenam, Perusahaan dapat mendorong proses peningkatan alur kerja, sehingga menghasilkan penyelarasan terhadap proses bisnis yang lebih baik dengan kebutuhan setiap pelanggan. Keenam, Meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia sehingga dalam sistem unit kerja dapat lebih sistematis dan terorganisir. (Red/ujpk)

You May Also Like

Teknologi Light Fidelity Teknologi Nirkabel Masa Depan Berbasis Cahaya

Wi-Fi merupakan salah satu teknologi nirkabel yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat pengguna internet. Seiring perke

Pemerintah Bangun Ekosistem Investasi Baterai Lisrik Lewat IBC

Sinergimas - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dua kekuatan bangsa yang s

Pemerintah Minta Industri Mobil Listrik di Percepat

Sinergimas - Mobil listrik merupakan teknologi yang harus diakselerasi. Apalagi Indonesia saat ini teng

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: