Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Pembelajaran Rangkaian Listrik Dengan Sumber Tenaga Surya Di Madrasah Al-Khairiyah Rancaranji

73 Views

Sinergimas. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu wujud Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilakukan para dosen dan melibatkan mahasiswa Insititut Teknologi PLN (ITPLN) setiap tahunnya. LPPM ITPLN sebagai wadah yang membidangi penelitian dan pengabdian selalu memfasilitasi serta mendukung seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh semua kelompok pelaksana. Kegiatan PkM dimulai dengan tahapan survei, penandatanganan kegiatan oleh mitra, persiapan, kegiatan, evaluasi dan umpan balik.

Terkait dengan hal itu, Tim PkM dari dosen Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET) yang diketuai oleh Agus Yogianto, MT., telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di MA Al-Khairiyah Rancaranji (MARA), Serang Banten. PkM tahun 2022 ini merupakan PkM tahun ke tiga yang dilakukan di sekolah tersebut untuk tahun ajaran 2021-2022. Seperti tahun sebelumnya, PkM 2022 ini melibatkan beberapa mahasiswa IT-PLN, yakni Nanda Febby Yuliantina, Siti Amaliatu Zahra dan Nur Fiqa yang merupakan mahasiswa Teknik Elektro.

Tahun sebelumnya, Tim PkM Institut Teknologi PLN telah melakukan kegiatan penyuluhan atau edukasi tentang pemanfaatan energi baru terbarukan kepada siswa-siswi MARA. Tahun ini kegiatan difokuskan pada “Pembelajaran Rangkaian Listrik dengan Sumber Tenaga Surya”. PKM 2022 yang dilaksanakan tanggal 27-29 Juli 2022 ini dimulai dengan pembukaan bersama kepala sekolah dan siswa-siswi MA Al-Khairiyah Rancaranji.

Dalam sambutanya Kepala MA Al Khairiyah Rancaranji Lismawati, S.Pd.I mendorong siswa untuk terus berkembang, berinovasi meskipun dari daerah. Dengan kegiatan ini, siswa diharapkan dapat memetik pelajaran yang baik karena langsung diajarkan oleh dosen dan dibantu mahasiswa ITPLN. Ketua tim, Agus mengenalkan ITPLN sebagai kampus terbaik dan unggul di bidang Teknik kepada Madrasah Alkhairiyah Rancaranji serta mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah atas kerjasamanya dalam kegiatan ini. PkM yang beranggotakan Samsurizal, ST., MT., Septiannissa Azahra, ST., MT., Miftahul Fikri, S.Si., M.Si., Dr. Zainal Arifin dan Christiono ST., MT. ini diawali dengan penampilan video kegiatan PkM tahun 2019 dan 2021 dan pengenalan kampus ITPLN. Kemudian para siswa diajarkan bagaimana merangkai listrik sederhana menggunakan alat peraga rangkaian listrik. Semua peserta tampaknya cukup antusias mempelajari dengan peragaan alat yang digunakan tersebut. Pembelajaran ini dibagi tiga kelompok. Masing kelompok-kelompok diberikan alat peraga untuk disimulasikan dan dicoba oleh siswa.

Pembelajaran ini memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi para siswa dalam bidang ketenagalistrikan khususnya dalam merancang suatu rangkaian listrik sederhana. Mereka dapat memahami bagaimana sebuah listrik dapat mengalir dari sumber dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. (Red/MJE/TimPKMFKET).

 

You May Also Like

Informatika IT-PLN Mendukung Pelaksanaan Sistem Pendidikan Di SDIT Yasir Cipondoh

Sinergimas - Tim Dosen dari Fakultas Telematika Energi mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat

Revitalisasi Prasarana Untuk Mendukung Kesehatan Lingkungan Di Kel. Pinang, Kec. Pinang, Tangerang

Sinergimas - Pertumbuhan wilayah perkotaan sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Pengelolaan Sampah KRL Berani Asri Duta Mekar Asri Cileungsi

Sinergimas - Dalam rangka penerapan teknologi tepat guna yang dikembangkan oleh Prodi Teknik Mesin IT-P

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: