Wednesday, Feb 01, 2023
newspaper logo

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Data Rukun Tetangga Lingkup Rw 016 Desa Duren Jaya, Bekasi

106 Views

Sinergimas. Pembangunan desa saat ini tidak lepas dari pemanfaatan teknologi informasi. Sebagian besar masyarakat di desa juga telah menggunakan sarana dan prasarana teknologi informasi. Perangkat canggih ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat untuk beraktifitas secara mobile. Telepon genggam yang dimiliki masyarakat kini sudah menjadi hal biasa baik di kota maupun desa. Lewat perangkat keras inilah warga bisa saling berinteraksi secara online dan mengakses informasi melalui jaringan internet yang tersedia di dalamnya.

S ayangnya, keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh perangkat rukun tetangga (RT) dalam hal manajemen data warganya. Padahal, manajemen data warga dengan pendekatan teknologi informasi di suatu lingkungan perumahan itu bisa menjadi sarana yang dapat memudahkan perangkat RT mengawasi lalulintas warga sekaligus mengamankan lingkungannya. Kondisi ini boleh jadi disebabkan karena kurangnya pemahaman aparatur rukun warga dan rukun tetangga tentang penggunaan sarana teknologi informasi untuk mengelola data warga di lingkungan tempat tinggal secara lebih teratur dan sistimatis. Pada gilirannya, manajemen data yang baik akan memudahkan perangkat RT dan RW untuk melayani warganya dengan lebih tertib dan teratur.

Bertolak dari pandangan di atas, satu tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Telematika Energi (FTEN) Institut Teknologi PLN (ITPLN) Jakarta, melakukan pengamatan riil di lapangan terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi di suatu lingkungan RW 016 Desa Duren Jaya Bekasi. Desa Duren Jaya dipilih karena keberadaannya yang tidak jauh dari masyarakat perkotaan yang notabene dekat dengan wilayah Jakarta. Selain itu, infrastruktur teknologi informasi dan jaringan internet pun telah terpenuhi dengan baik dan masyarakatnya juga telah terbiasa menggunakan perangkat tersebut secara mandiri.

Desa Duren Jaya memiliki 19 RW dengan total RT sebanyak 200. RW yang dijadikan mitra pengabdian masyarakat ini adalah RW 19 yang membawahi 13 RT. Dua dari 13 RT tersebut berbentuk kompleks perumahan. Salah satunya adalah Perumahan Bunga Raya yang masuk lingkup RT 012. Selebihnya adalah lingkungan kampung yang tentu saja tidak seapik kompleks perumahan. Kompleksitas lingkungan RW 19 dan dinamika aktifitas warganya itu menarik perhatian tim untuk melihat dari dekat bagaimana sebenarnya aparatur RT dan RW mengelola data warganya dengan baik.

Ternyata dalam pengamatan di lapangan tersebut, tim menemukan banyak masalah dalam pengelolaan data warga khususnya warga yang berada di RT 012. Beberapa hal yang tampak di antaranya data induk warga masih tersimpan dalam buku induk yang ditulis tangan, proses pengajuan surat pengantar memerlukan waktu cukup lama karena harus dicocokkan terlebih dulu dengan berkas di arsip. Selain itu, beberapa arsip tercecer dan hilang seiring dengan pergantian pengurus dari tahun ke tahun dan sebagainya.

Kondisi ini cukup memprihatinkan mengingat data warga itu sangat penting untuk urusan administrasi kependudukan dan keperluan lainnya. Dari sinilah, tim pengabdian masyarakat yang dipimpin Yessi Asri ini mulai membuat sistem informasi manajemen data warga RT 012 dan melakukan sosialisasi sekaligus pelatihan penggunaan sistem tersebut di lingkungan perumahan Bunga Raya, Duren Jaya, Bekasi yang telah berlangsung 18-19 Juli 2022 lalu.

Pelatihan Manajemen Data Tim yang terdiri dari 6 dosen dan 2 mahasiswa dari FTEN ITPLN ini kemudian melakukan sosialisasi, pendampingan dan pelatihan sistem informasi manajemen data (SIMDA) warga perumahan Bunga Raya yang berlokasi di RT 012. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua RW 016 dan beberapa Ketua dan pengurus RT 01 sampai 013. Tujuan kegiatan ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim PKM Yessi Asri adalah untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan data rukun tentangga khususnya dalam menyimpan, memperbarui dan menyajikan data. Selain itu, keberadaan sistem ini dapat membangun lingkungan masyarakat yang cerdas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan efisiensi dan integrasi data.

Dengan adanya sistem ini, data warga dapat tersimpan lebih aman dalam basisdata komputer. Sistem manajemen data dengan pendekatan TI ini diharapkan dapat memudahkan pengelolaan data warga dan mengakomodasi perubahan-perubahan secara cepat mengingat data warga dalam suatu lingkungan RT telah terekam dengan lebih baik

Dengan adanya sistem ini, data warga dapat tersimpan lebih aman dalam basisdata komputer. Sistem manajemen data dengan pendekatan TI ini diharapkan dapat memudahkan pengelolaan data warga dan mengakomodasi perubahan-perubahan secara cepat mengingat data warga dalam suatu lingkungan RT telah terekam dengan lebih baik

Secara umum, para pengurus RT di lingkungan RW 016 Duren Jaya merasa puas dengan apa yang ditampilkan oleh tim PKM FTEN ITPLN tersebut. Mereka menaruh harapan agar sistem ini tidak hanya berhenti di sini melainkan terus dikembangkan lagi untuk mengakomodasi kebutuhan lingkungan RT yang berada di luar lingkungan perumahan Bunga Raya. Harapan ini cukup wajar mengingat kompleksitas dan dinamika warga di luar lingkungan perumahan jauh lebih besar karena lokasi tempat tinggalnya yang kurang tertata baik dan multi akses.

Semua saran, masukan dan harapan dari pengurus RT tersebut menjadi catatan penting bagi tim PKM untuk melakukan evaluasi dan menyempurnakan sistem sehingga dapat memberikan kontribusi dan solusi yang terbaik khusunya yang terkait dengan menajemen data warga di lingkungan RT dan RW bukan hanya di Duren Jaya, melainkan juga di wilayah-wilayah lainnya. (Red/MJE).

 

You May Also Like

Informatika IT-PLN Mendukung Pelaksanaan Sistem Pendidikan Di SDIT Yasir Cipondoh

Sinergimas - Tim Dosen dari Fakultas Telematika Energi mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat

Revitalisasi Prasarana Untuk Mendukung Kesehatan Lingkungan Di Kel. Pinang, Kec. Pinang, Tangerang

Sinergimas - Pertumbuhan wilayah perkotaan sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Pengelolaan Sampah KRL Berani Asri Duta Mekar Asri Cileungsi

Sinergimas - Dalam rangka penerapan teknologi tepat guna yang dikembangkan oleh Prodi Teknik Mesin IT-P

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: