Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Pandemi Covid-19, Kebijakan Dan Penanggulangannya Di Institut Teknologi PLN

494 Views

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia semakin meluas penyebarannya. Sejak diumumkan pertama kali oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 saat konferensi pers di Graha BNPB pada bulan Maret 2020 lalu, jumlah total pasien positif saat ini telah mencapai 1.012.350 orang (Sumber data terbaru per Selasa, 26 Januari 2021 pukul 15.54 WIB dari kementerian kesehatan sebagaimana dikutip dari detik.com Rabu, 27 Januari 2021). Menyikapi wabah covid-19 ini, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk penanganan dan pencegahan covid-19 sesuai dengan saran dari Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Salah satu kebijakan itu adalah yang terkait dengan penyelenggaran pendidikan di tanah air. Dalam rangka menanggulangi dan mencegah penyebaran covid-19 tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk segala aktifitas belajar mengajar dilakukan di rumah atau jarak jauh. Hal ini mengharuskan seluruh sekolah dan kampus di indonesia menjalankan proses belajar mengajar secara daring atau online. Tak terkecuali kampus Institut Teknologi PLN (IT PLN) Jakarta yang berlokasi di Duri Kosambi, Cengkarang, Jakarta Barat. Perguruan tinggi yang fokus pada bidang energi dan teknologi ini juga menerapkan sistem kuliah daring atau pembelajaran Jarak Jauh. Kebijakan ini dikeluarkan oleh rektor Institut Teknologi PLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K, MT. melalui surat edaran instruksi rektor Institut Teknologi PLN. Kebijakan bekerja dan belajar dari rumah dikeluarkan untuk kurun waktu tertentu dan selalu dilakukan perpanjangan bilamana situasi belum memungkinkan untuk dilakukan proses perkuliahan secara normal. Bahkan sampai Januari 2021 ini, kebijakan untuk bekerja dan belajar dari rumah masih tetap diberlakukan seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia.

Dalam rangka menanggulangi wabah covid-19 di Institut Teknologi PLN, rektor Institut Teknologi PLN juga telah mengadakan sosialisasi mengenai covid-19 mulai dari para dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan hingga petugas kebersihan dan keamanan sejak tahun 2020. Selama proses pembelajaran jarak jauh, petugas satuan tugas covid-19 juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Institut Tenologi PLN secara kontinyu. Selain itu, seluruh karyawan dan dosen IT PLN pun menjalani tes rapid yang dilaksanakan di kampus. Saat ini, pimpinan dan satuan tugas covid-19 Institut Teknologi PLN telah mengeluarkan aturan ketat untuk memasuki lingkungan kampus untuk merem atau memutuskan mata rantai wabah korona sehingga penanggulangan wabah yang bermula dari Wuhan, Cina ini dapat teratasi lebih efketif. Memasuki semester genap 2021 ini, aturan tersebut tampaknya masih akan berlaku sehingga kegiatan belajar mengajar secara langsung tak bisa dimulai. Seluruh protokol kesehatan diterapkan secara ketat di seluruh area kampus sehingga diharapkan wabah corona dapat dikendalikan setidaknya tidak menyebar ke seluruh civitas akademik IT PLN. Para mahasiswa dan dosen dianjurkan untuk mengisi dan memiliki kartu Healt Alert Card (HAC) dan selalu dilakukan screening pengukuran suhu tubuh dan pengecekan lainnya sebelum memasuki lingkungan kampus (Sri Aulia Khalifah).
 

You May Also Like

Tantangan Pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh Ditengah Wabah Covid-19

Sinergimas - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indon

Pandemi Covid-19, Kebijakan Dan Penanggulangannya Di Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia semak

Tantangan Sarjana Lulusan IT-PLN

Sinergimas - Wisuda ibarat lembaran perjalanan kehidupan yang telah diukir dengan cinta dan perjuangan.

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: