Wednesday, Feb 01, 2023
newspaper logo

Menristek/Kepala BRIN : Introduksi PLTN Tetap Harus dilanjutkan

416 Views

Sinergimas - Nuklir merupakan bagian dari energi baru. Dalam kebijakan energi nasional, nuklir menjadi pilihan terakhir. Meski demikian, bukan berarti energi nuklir hanya akan dipakai, setelah sumber energi lain sudah tidak ada lagi. Terkait ini, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro menjelaskan energi nuklir akan dipertimbangkan untuk dapat dipakai jika berbagai kondisi telah memungkinkan. 

“Diantaranya masalah keamanan pasokan energy dalam skala besar, memenuhi persyaratan keamanan yang ketat, mengurangi emisi karbon, dan tentunya nilai dari ke-ekonomiannya,” ungkap Menteri Bambang saat memberikan sambutan pada pembukaan tiga Seminar Daring yang diselenggarakan oleh BATAN sebagai rangkaian dari kegiatan BAT AN Nuklir Expo (NEXPO) 2020, (18/11)
 

Menurut menteri Bambang, persiapan PLTN harus dilanjutkan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan studi kelayakan, sesuai yang sudah ditugaskan pada Prioritas Riset Nasional. Langkah kedua, dengan melanjutkan litbangjirap dan inovasi teknologi nuklir untuk penguasaan teknologi terkini, khususnya teknologi yang berpotensi diterapkan di Indonesia. Kemudian langkah ketiga adalah menjawab isu yang menjadi pertimbangan energi nasional dan perhatian public, terutama mengenai kekhawatiran masyarakat atas letak geografis Indonesia yang berada di ring of fire yang berpotensi membahayakan keberadaan PLTN.

 

You May Also Like

6 Langkah Mudah Melawan Covid-19

Sinergimas ­– Penyebaran virus Corona jenis baru Covid-19 berkembangan pesat diberbagai Negara. Pada tanggal 11 Maret 20

Pandemi Covid-19, Kebijakan dan Penanggulanganya Di Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia

Webinar Electrical Knowledge Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik

Sinergimas - Masyarakat awam tentu tidak memahami apa itu harmonisa atau harmonik. Istilah ini lazimnya

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: