Wednesday, Feb 01, 2023
newspaper logo

ITPLN Resmikan Tiga Prodi Baru Dan Merencanakan Kampus Baru

146 Views

Prof. Iwa : “Pembukaan program studi baru guna mempersiapkan era revolusi industri 4.0”

Pertnyataan Prof. Iwa tersebut-disampaikan-saat meresmikan pembukaan program studi (prodi) baru di dua fakultas ITPLN. Masing-masing adalah adalah prodi S1 Kewirausahaan dan prodi S1 Teknik Industri di Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi dan prodi S1 Sistem Informasi di Fakultas Telematika Energi. Sehingga total prodi saat ini yang ada di ITPLN ada 10.
“Hal ini merupakan sebuah tonggak baru setelah transformasi dari sebelumnya Sekolah Tinggi Teknik PLN menjadi Institut Teknologi PLN pada Januari 2020 yang lalu,” ujar Rektor Institut Teknologi PLN Prof Dr Ir Iwa Garniwa MK, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Revolusi industri 4.0 merupakan perubahan fundamental di bidang industri yang telah memasuki era baru. Gelombang keempat dari perjalanan dan perkembangan revolusi industri. Di revolusi industri 4.0, perkembangan teknologi pabrik yang mengarah pada otomasi dan pertukaran data terkini secara mudah dan cepat yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala (internet of things), komputasi awan (cloud  computing), dan komputasi kognitif.

“Pembukaan program studi baru guna mempersiapkan era revolusi industri 4.0 untuk penambahan kompetisi diri dan agar mampu mampu untuk beradaptasi dalam hal pembelajaran dengan bantuan teknologi, serta diharapkan agar mampu memberikan kontribusi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT pada keterangan pers, Selasa (12/10).

Rektor ITPLN tersebut menambahkan bahwa pihaknya berencana menambah kampus baru sehingga nantinya akan ada kampus selain yang ada di Cengkareng dan juga Lebak Bulus. Peresmian pembukaan prodi baru ini ditandai dengan acara serah terima Surat Kuputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibud Ristek) RI No. 391/E/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kepada Institut Teknologi PLN di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIK-TI) Wilayah III Jl. SMA Negeri 14, Cawang, Jakarta Timur.

Acara penyerahan SK tersebut dihadiri oleh Kepala LLDIKTI III Prof. Dr. Agur Setyo Budi, M.Sc., Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa, M.K., M.T., Wakil Rektor I ITPLN dan perwakilan dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Kepala LLDikti III Prof Dr Agus Setyo Budi meminta perguruan tinggi untuk tidak segan berkomunikasi dengan LLDikti III terkait dengan pelaksanaan pembelajaran di kampus masing-masing. “Mohon untuk tidak segan-segan berkomunikasi dengan LLDikti terkait pelaksanaan pembelajaran di kampus,” kata Agus. (Red-diolah dari berbagai sumber).

 

You May Also Like

Mahasiswa ITS Sabet Medali Emas Dalam Bidang Renewable Energy

Sinergimas - Sekelompok mahasiswa dari Institut teknologi Sepuluh November Surabaya berhasil menyabet m

Dosen, Mahasiswa dan Pegawai Raih Penghargaan Rektor IT-PLN

Sinergimas -  Sejumlah dosen, karyawan dan mahasiswa IT-PLN meraih penghargaan Rektor IT-PLN tahun

Dies Natalis Ke-23, Institut Teknologi PLN Gelar Virtual Run and Cycling 2021

Sinergimas - menyambut Dies Natalis ke-23, Institut Teknologi PLN menggelar acara lomba olah raga berta

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: