Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

IT-PLN Kembangkan Sepeda Motor Listrik

366 Views

Sinergimas - Sejak bulan April 2021 lalu, IT-PLN telah meluncurkan produk penelitian kendaraan listrik yang masih dalam tahap pengembangan. Kali ini, IT-PLN kembali melakukan uji coba kendaraan listrik dalam bentuk sepeda motor listrik. Ketua Pusat Penelitian Kendaraan Listrik (P3KL) IT-PLN, Dr. Ir. Pawenary, M.T., MPM. telah melakukan pengembangan riset lanjutan dari kendaraan listrik sebelumnya yaitu sepeda motor listrik. Hal ini merupakan tantangan ke depan untuk menjawab program pemerintah dalam upaya melakukan substitusi dari sepeda motor bensin menjadi sepeda motor listrik.

Pemerintah akan memberikan atau menunjuk workshop atau bengkel yang mampu melakukan substitusi tersebut. “Kami mencoba menjawab tantangan tersebut,” kata Rektor IT-PLN Prof Iwa Garniwa saat berkunjung ke workshop P3KL IT-PLN. Uji coba sepeda motor listrik telah dilakukan pada tanggal 8 Mei 2021 lalu dengan kapasitas 3 kW menggunakan batterai 50 Ah / 60 Volt dengan speed +/- 80 km / jam dengan lama waktu penggunaan batterai selama 3 jam dan pengecasan selama 2 jam.

Modifikasi sepeda motor lis-trik tersebut merupakan pemanfaatan sepeda motor bensin yang sudah tidak terpakai lagi. “Kami ambil rangka body dan roda depan belakang nya, mesin kami lepaskan karena tidak kami gunakan lagi. Kami ganti dengan motor BLDC dan batterai,” papar Pawenary.

“Uniknya, untuk elektrical seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sen, dan klakson kami pasang PV solar panel sehingga sepeda motor listrik yang kita buat tidak hanya menggunakan batterai tapi juga pemanfaatan energi baru terbarukan (PLTS), “ungkap Pawenary. Pawenary menjelaskan ke depannya akan terus melakukan inovasi baik mengenai moror BLDC, efisien batterai dan metode fast charging serta body nya. (red-Pawenari)

You May Also Like

Menristek/Kepala BRIN : Introduksi PLTN Tetap Harus dilanjutkan

Sinergimas - Nuklir merupakan bagian dari energi baru. Dalam kebijakan energi nasional, nuklir men

Institut Teknologi PLN Lakukan Uji Coba Kendaraan Listrik

Sinergimas - Institut Teknologi PLN telah melakukan soft launching kendaraan listrik produk IT-PLN send

Institut Teknologi PLN Siap Ikut Dalam Program Cofiring PLTU

Sinergimas - Sebagaimana diketahui bahwa untuk mencapai target bauran energi baru terbarukan sebesar 23

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: