Wednesday, Feb 01, 2023
newspaper logo

Institut Teknologi PLN dalam World Class University

622 Views

Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT-PLN) telah berdiri sejak 1998. Di usianya yang kini menginjak 23 tahun, sudah seharusnya IT-PLN mengukir banyak prestasi baik di level nasional maupun internasional. Visi IT-PLN adalah menjadi perguruan tinggi yang berkelas internasional, modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan teknologi yang berwawasan lingkungan.  Kata ‘berkelas internasional’ dalam visi ini berarti bahwa IT-PLN akan menjadi perguruan tinggi yang berkelas internasional atau universitas berkelas dunia (World Class University). Ini tentu menjadi tantangan besar bagi IT-PLN untuk mewujudkannya. Masalahnya, bagaimana IT-PLN bisa masuk ke level internasional tersebut?

Salah satu tolak ukur dalam indikator World Class University adalah dapat masuk ke dalam beberapa metode perankingan universitas internasional, seperti Academic Ranking of World Universities (ARWU), The Times Higher Education Supplement (THES), Webometric, 4 International Colleges & Universities (4ICU) dan QS University. Ranking universitas atau perguruan tinggi ini, selain berguna bagi calon mahasiswa baru dalam menentukan pilihan kampusnya, juga berguna bagi perguruan tinggi itu sendiri untuk terus meningkatkan kualitasnya.

Tulisan ini sekedar memberikan kontribusi pemikiran yang mungkin dapat membawa IT-PLN menuju perguruan tinggi berkelas internasional.

Lembaga-lembaga penilai perankingan mempunyai kriteria dan metodologi penilaian yang berbeda-beda. Beberapa kriteria penting dalam penilaian World Class University dapat dilihat dari masing-masing lembaga tersebut berikut ini.

Times Higher Education (THE)

THE adalah salah satu lembaga pemeringkatan universitas yang tahun ini kembali merilis daftar universitas terbaik di dunia. IT-PLN berdasarkan pemeringkatan dari THE Impact Rankings 2021 menempati urutan ke 17 dari total 18 perguruan tinggi negeri dan swasta yang mengikuti penilaian perguruan tinggi di Indonesia. Berdasarkan informasi dari laman THE, komponen penilaian universitas terdiri dari empat komponen yaitu Teaching (Pengajaran), Stewardship (Pengelolaan), Research (Penelitian), dan Outreach (Pengabdian). Selain empat komponen tersebut, ada sebanyak SDG 17 yang menjadi komponen wajib penilaian THE Impact Rankings 2021 dalam menentukan pemeringkatan universitas terbaik.

QS World University

Ini merupakan Lembaga peranking perguruan tinggi yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Saat ini, IT-PLN belum mampu masuk kedalam penilaian QS World University. Indikator penilaian yang digunakan QS dalam perankingan perguruan tinggi di antaranya, reputasi akademis (30%), reputasi karyawan (20%), rasio fakultas atau mahasiswa (20%), penghargaan hasil riset (15%), jumlah riset ilmiah per fakultas (15%), proporsi fakultas internasional (2,5%) dan mahasiswa internasional (2,5%), proporsi pertukaran mahasiswa ke luar negeri (2,5%) dan proporsi penerimaan pertukaran mahasiswa dari luar negeri (2,5%). Jika mengacu pada indikator penilaian ranking QS,tersebut, agaknya IT-PLN memerlukan strategi yang jitu dan usaha keras yang saling bersinergi untuk masuk ke dalam penilaian QS.

Webometrics

Perankingan World Class University yang mempunyai potensi dan dapat diraih oleh IT-PLN adalah Webometrics. Webometrics merupakan ranking perguruan tinggi yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab, suatu lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Secara periodik, peringkat Webometric diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkat IT-PLN untuk dunia ada di urutan 14026 dan peringkat di Indonesia 441 berdasarkan penilaian Webometrics.

Mulai Juli 2021 Webometric, parameter penilaian berubah. Berdasarkan informasi dari laman https://www.webometrics.info/en/Methodology, disebutkan dalam empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu:
  1. Presence (0%).  Saat ini, indikator presence tidak dilakukan sebagai penilaian. Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Parameter Presence ini sebenarnya hanya perubahan nama dari parameter Size yang digunakan sebelumnya.
  2. Visibility (50%). Indikator yang mendapatkan bobot paling tinggi yaitu eksternal links. Eksternal link merupakan jumlah link dari website lain ke website IT-PLN. Jadi kalau website sinergimas ini bikin link ke web IT-PLN, maka 2 link itu termasuk eksternal link dan jadi penilaian webometrics. Semakin banyak link eksternal yang menuju ke website IT-PLN akan berpengaruh pada penilaian di perankingan webometrics.
  3. Transparency atau Openness (10%). Paramater ini merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online atau open di bawah domain website IT-PLN yang tertangkap oleh mesin pencari, yang dikutip (citation) dari lebih 210 dengan menggunakan email institusi dari profile di google scholar.
  4. Excellence or Scholar (40%). Parameter Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking 2015-2019 yang disitasi dari  masing-masing semua bidang disiplin keilmuan.

Saat ini, IT-PLN belum masuk dalam 10.000 perguruan tinggi top dunia versi webometrics (tepatnya 14026). Analisis lebih lanjut terhadap beberapa kriteria yang ada di webometric, IT-PLN  hanya memperoleh nilai dari kriteria Visibility (50%) dengan nilai 19.715, Transparency or Openness (10%) dengan nilai 5090 dan Excellence (40%) dengan nilai 6650.

IT-PLN masih harus berusaha keras untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional termasuk kualitasnya yang terindeks Scimago atau Scopus. Peringkat Webometrics saat ini, mulai diarahkan pada kualitas konten dan publikasi ilmiah di jurnal internasional. Dalam aspek inilah IT-PLN masih relatif lemah.

Kriteria yang dikeluarkan oleh ARWU, International Colleges & Universities (4ICU) dan QS University, jika direfleksikan dengan kondisi internal IT-PLN tampaknya masih terasa sangat berat. Hingga kini, semua sivitas akademika maupun alumni belum ada satupun yang mampu mendapatkan hadiah nobel. Selain itu, masih sedikit artikel ilmiah karya sivitas akademika IT-PLN yang masuk di Jurnal Ilmiah reputasi tinggi Q1 (Quartil 1). Kriteria tentang citra internasional dengan indikator jumlah dosen dan mahasiswa internasional, kualitas riset internasional, angka serapan alumni dan kualitas pengajaran barangkali masih perlu dibuat strategi dan upaya serius agar dapat mencapai World Class University.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan antara lain, memperbaiki seluruh content website utama dan bagiannya dengan informasi yang akurat, reliable dan pembaruan data yang cepat termasuk pegembangan website IT-PLN yang terintegrasi, dinamis dan lengkap kontennya. Upaya lainnya, menyediakan media yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas IT-PLN, seperti webmail, weblog.itpln.ac.id sebagai media unggah materi ajar dosen dan mahasiswa, peningkatan referensi website ke IT-PLN melalui koordinasi mitra dan alumni, kebijakan dengan penerapan Teknologi Informasi di IT-PLN dengan meningkatkan kualitas jaringan dan bandwith. Upaya yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kemampuan perpustakaan digital (library.itpln.ac.id) untuk menambah konten ilmiah (skripsi, tesis, dan lain-lainnya.), pengembangan e-book, e-learning dan sebagainya. Dengan upaya bersama ini diharapkan, visi  IT-PLN untuk menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional dan  berkelas dunia dapat terwujud. (Red-Riki)

 

*) Penulis adalah Dosen Teknik Informatika Fakultas Telematika Energi IT-PLN, Sie. Jurnal IT-PLN

You May Also Like

Pandemi Covid-19, Kebijakan dan Penanggulanganya Di Institut Teknologi PLN

Sinergimas - Pandemi covid-19 atau lebih sering disebut dengan virus Corona saat ini di Indonesia

73 Persen Masyarakat Terhubung Internet

Sinergimas - Pengguna internet Indonesia saat ini mencapai 73,7 persen, naik dari 64,8 persen dari tahu

Tantangan Pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh Ditengah Wabah Covid-19

Sinergimas - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi di Indon

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: