Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Dosen Teknik Industri Lakukan Diseminasi Teknologi Pengolahan Sampah Di Kelurahan Palmerah

76 Views

Sinergimas. Tim dosen dari Program studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) ITPLN, melakukan kegiatan bertajuk “Penerapan Teknologi untuk Pengolahan Sampah” bagi warga RW 04, kelurahan Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (25/06/2022). Kegiatan yang dilakukan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dibiayai oleh dana hibah internal perguruan tinggi tahun 2022.

Kegiatan yang dimotori oleh Arief Suardi Nur Chairat, ST, MT dengan anggota Utami Wahyuningsih, ST, MT, Lili Rasyidi, ST, MT, Vendy Antono, ST, MT, Victor Assani, S.Sos, ST, MT, IPM. dan Ade Caswito, SE, MM. disambut langsung oleh ketua RW 04 berserta jajaran RT di bawahnya dan ketua LMK. Tidak kurang dari 40 warga RW 04 dengan antusias memenuhi aula warga yang berada di belakang Apartemen Slipi, Jakarta Barat.

Koordinator program, Arief Suardi menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan berdasarkan survey, informasi dan diskusi dengan berbagai tokoh pemuda dan masyarakat yang ada di kelurahan Palmerah. Hasil survey menunjukkan bahwa di lokasi tersebut merupakan wilayah yang memang membutuhkan pendampingan dalam proses pengolahan sampah. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi solusi dari persoalan sampah dan dapat berimbas pada peningkatan aktifitas perekonomian di wilayah yang dikenal sebagai wilayah “Kumis” alias kumuh dan miskin ini.

Ketua Program Studi Teknik Industri, Utami Wahyuningsih, ST., MT., sangat mendukung aktifitas yang dilakukan para dosen di lingkungannya. “Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena hal ini merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab kami sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang memiliki komitmen Tri Dharma yang salah satu pointnya adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Tentunya diharapkan kegiatan ini dapat merangsang masyarakat untuk dapat lebih berdaya lagi kedepannya.” Ungkap Utami Wahyuningsih.

Dalam kegiatan PKM ini, peserta diberikan praktik proses pencacahan sampah. Mesin yang diciptakan oleh Vendy Antono ini dapat mencacah dengan lebih mudah dan cepat, tidak hanya sampah organik seperti daun, kertas maupun sisa-sisa makanan yang lunak, tapi juga dapat mencacah dengan maksimal plastik sampai dengan botol-botol plastik bekas air minum kemasan. Kegiatan dilanjutkan dengan serah terima alat kepada ketua RW 04 didampingi oleh ketua LMK Kelurahan Palmerah yang disaksikan oleh warga setempat.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas pelatihan dan sumbangan mesin ini. Kegiatan ini selain sangat bermanfaat untuk warga Kami juga selaras dengan anjuran dari Gubernur dan bertepatan juga dengan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah. Ternyata sampah yang merupakan masalah klasik dapat juga dijadikan potensi ekonomi ketika dilakukan pemprosesan dengan bantuan teknologi.” Tutup Amilin selaku ketua RW 04. (Red/Pawenary)

You May Also Like

Informatika IT-PLN Mendukung Pelaksanaan Sistem Pendidikan Di SDIT Yasir Cipondoh

Sinergimas - Tim Dosen dari Fakultas Telematika Energi mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat

Revitalisasi Prasarana Untuk Mendukung Kesehatan Lingkungan Di Kel. Pinang, Kec. Pinang, Tangerang

Sinergimas - Pertumbuhan wilayah perkotaan sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Pengelolaan Sampah KRL Berani Asri Duta Mekar Asri Cileungsi

Sinergimas - Dalam rangka penerapan teknologi tepat guna yang dikembangkan oleh Prodi Teknik Mesin IT-P

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: