Sunday, Nov 27, 2022
newspaper logo

Dosen ITPLN Raih Gelar Doktor Bidang Block Chain

102 Views

Sinergimas. Widya Nita Sulyanti, Dosen Fakultas Telematika Energi (FTEN) Institut Teknologi PLN berhasil meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Komputer dengan spesialis keilmuan Blockchain dari Universitas Indonesia. Dalam sidang promosi doktornya di Departemen Teknik ELektro, Fakultas Teknik UI, Selasa, (19/07/2022). Widya sukses mempertahankan disertasi doktornya yang berjudul “Sebuah Algoritma Konsensus Baru Byzantine Fault Tolerance dengan Struktur Double-layer Berbasis Blockchain pada Building Information Modeling”.

Promotor Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., mengatakan bahwa ilmu blockchain yang dipelajari Widya tergolong baru di Indonesia. Kelulusan ini berarti Widya adalah doktor pertama di Indonesia yang khusus mempelajari ilmu blockchain. Penguji sidang promosi doktor terdiri Ketua Sidang Prof. Dr. Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., Penguji 1, Prof. Dr. Ir. Bagio Budiardjo, M.Sc., Penguji 2, Prof. Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng., Penguji 3, Dr. Eng. Mia Rizkinia, S.T., M.T., semuanya berasal dari Fakultas Teknik Elektro UI. Sedangkan Penguji eksternalnya adalah Dr. Rosilah Hasan dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Ko-Promotornya, Dr. Muhammad Salman, S.T., M.IT

Sidang yang berlangsung lebih kurang dua jam tersebut berhasil membawa master lulusan Australia itu meraih gelar Doktor ilmu Blockchain pertama di Indonesia dengan predikat Cumlaude. Dalam kesempatan tersebut, Rektor IT PLN Prof. Dr. Iwa Garniwa, M.T. M.K., yang ikut menyaksikan sidang promosi doktor Wiyda secara daring itu, menyatakan bangga dan berbahagia atas prestasi yang diraih dosen Teknik Informatika, FTEN ITPLN. Iwa menyampaikan terima kasih kepada seluruh Promotor dan Ko-Promotor serta seluruh tim penguji yang telah banyak memberikan saran dan masukan yang berharga bagi Widya sehingga yang bersangkutan bisa sampai di titik akhir studi S3 nya ini.

“Keberhasilan Widya ini semoga bisa menjadi inspirasi bagi sivitas akademika IT PLN untuk melanjutkan studi S3 di Universitas Indonesia”,. Demikian harapannya. Sekali lagi selamat dan sukses untuk Widya Nita Suliyanti, semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negera Indonesia. (Red/MJE).

You May Also Like

Mahasiswa ITS Sabet Medali Emas Dalam Bidang Renewable Energy

Sinergimas - Sekelompok mahasiswa dari Institut teknologi Sepuluh November Surabaya berhasil menyabet m

Dosen, Mahasiswa dan Pegawai Raih Penghargaan Rektor IT-PLN

Sinergimas -  Sejumlah dosen, karyawan dan mahasiswa IT-PLN meraih penghargaan Rektor IT-PLN tahun

Dies Natalis Ke-23, Institut Teknologi PLN Gelar Virtual Run and Cycling 2021

Sinergimas - menyambut Dies Natalis ke-23, Institut Teknologi PLN menggelar acara lomba olah raga berta

About Us

Menara PLN, Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750

(021) 5440342

sinergimas@itpln.ac.id dan redaksisinergimas@gmail.com

Contact Us

newspaper logo

Follow us at: